Masyarakat Temukan 1 Ekor Ikan Paus Terdampar Di Pesisir Kampung Siboru

371

FAKFAK – wartaekspres.com – Masyarakat Siboru temukan 1 ekor paus di pasisir Pantai Kampung Siboru, Kabupaten Fakfak. Papua Barat, kemudian melaporkan kepada Dendy salah satu anggota Satgal Lanal TNI AL.

“Ada laporan masyarakat tentang terdamparnya ikan paus di Kampung Siboru. Dengan laporan tersebut saya langsung berkoordinasi dengan Komandan Dansatgas AL Kapten Arie dan PSDKP, selanjutnya kami persiapan menuju lokasi ikan paus,” terang Dendy (1/6/2018).

Dikatakannya, setelah shalat Jumat, kami langsung bergerak menuju lokasi Kampung Siboru, Distrik Wartutin dengan menggunakan Long boat.

“Tiba di lokasi kami melihat secara dekat keberadaan ikan paus tersebut dan dalam kondisi masih hidup. Ikan paus tersebut panjang 20 meter dan lebar 2.50 meter,” ujarnya.

Menurut salah satu masyarakat setempat yang  berada di lokasi terdamparnya ikan paus tersebut, bahwa ikan tersebut masuk ke pesisir Kampung Siboru kemarin pada pukul 15.00 Wit, dan informasinya bahwa sudah 3 kali pada tahun sebelumnya ikan paus seperti ini terdampar di Siboru.

Selanjutnya sampai dengan kami bergerak kembali ke Fakfak, dan saya telah menginformasikan kepada KKP RI melalui akun Twitter serta koordinasi dengan teman-teman konservasi (CII), Loka Sorong, untuk selanjutnya bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut, terangnya.

Untuk diketahui, bahwa Pj. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, belum dapat melakukan tindakan evakuasi ataupun memeriksa secara jelas tentang ikan paus tersebut, berhubung terbatasnya fasilitas pendukung dan SDM. (Fan)

banner-we_728x90.jpg