Tanpa Izin Pom Mini Dapat Beroperasi Di Gunungsitoli

136

GUNUNGSITOLI – wartaekspres.com – Diduga dengan modal nekat alias tanpa mengantongi izin resmi, aktivitas Pom Mini di Kota Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara, dapat beroperasi secara bebas.

Seperti Pom Mini yang terletak di Jalan Pattimura, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli ini. Meski diduga tidak mendapat izin dari Pemerintah Daerah setempat, namun pemiliknya nekat menjalankan bisnisnya.

Untuk memastikan informasi tersebut, wartaekspres.com mendatangi Kantor Dinas PMPPTSP Kota Gunungsitoli, di Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (08/06) pagi.

Kepala Bidang Perizinan Kota Gunungsitoli, Putra Setiawan Bawaminewi, SH, menjelaskan, bahwa pada 2017 pemilik usaha pernah melayangkan surat permohonan izin ke Pemko Gunungsitoli. Namun karena tidak memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan, sehingga Dinas PMPPTSP Kota Gunungsitoli menolak dan mengembalikan surat permohonan.

“Berdasarkan data yang kami punya, memang benar Pom Mini tersebut belum mendapatkan izin dari Pemko Gunungsitoli. Sesuai peraturan BPH Migas Nomor 5 Tahun 2015, usaha itu sulit dimungkinkan untuk beroperasi,” ujar Setiawan.

Lanjut Setiawan, ada tiga persyaratan bersifat penting yang seharusnya pemilik usaha kantongi dan penuhi, yakni pertama Izin Usaha/Lokasi yang diterbitkan oleh Pemko Gunungsitoli, kedua sarana pengangkut bahan bakar minyak (BBM) sesuai yang ditentukan. Dan ketiga letak atau lokasi usaha diwajibkan berjarak dalam radius 5 sampai dengan 10 kilometer dari SPBU.

“Namun pada faktanya, hingga kini ke tiga persyaratan tersebut tidak dapat terpenuhi pemilik Pom Mini tersebut,” terang Setiawan. (Van)

banner-we_728x90.jpg