Sinergitas TNI-Polri Lakukan Pengamanan Ritual Adat Pamole’ Beo’ Banuaka’

26

KAPUAS HULU – wartaekspres.com – Polsek Embaloh Hulu yang merupakan Polsek jajaran dari Polres Kapuas Kapuas Hulu melaksanakan pengamanan ritual Adat Pamole’ Beo’ yang bertempat di Dusun Belimbis, Desa Pulau Manak, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (12/07/2018).

Kegiatan upacara Bukakak tersebut rutin digelar setiap tahunnya bertepatan dengan dilaksanakannya Festival Gawai Adat Pamole’ Beo’ Banuaka’ di Kecamatan Embaloh Hulu.

“Polsek Embaloh Hulu jajaran dari Polres Kapuas Hulu melakukan pengamanan terbuka dan tertutup dengan melibatkan 4 orang personil dipimpin Kanit Binmas Polsek Embaloh Hulu, Bripka Ronaldus Nikolaus bersinergi dengan Babinsa dan Pecalang adat setempat,” kata Bripka Ronaldus Nikolaus.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP R. Siswo Handoyo, S.IK, M.Si, melalui Kapolsek Embaloh Hulu Iptu Salmansyah mengatakan, bahwa dalam pengamanan kegiatan ini pihaknya menerapkan sistem pengamanan terbuka dan tertutup.

“Kita tahu setiap kegiatan yang melibatjan orang banyak sebagai petugas Kepolisian wajib hadir diminta ataupun tidak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan kehadiran Polisi di lapangan, sehingga dapat memberi rasa aman dan nyaman untuk masyarakat yang menjalankan kegiatan upacara tersebut,” ujar Iptu Salmansyah. (danil)

banner-we_728x90.jpg