Pusterad Laksanakan Penelitian dan Survey Kajian

7

YOGYAKARTA – wartaekspres.com – Pengembangan organisasi TNI AD setingkat Komando Resort Militer (Korem) dan Komando Distrik Militer (Kodim) di jajaran Kodam IV/Diponegoro, yang dikembangkan, dimana selama ini Korem 072/Pamungkas yang dijabat oleh Perwira Bintang Satu (Brigadir Jenderal) dan untuk Kodim dijabat oleh Perwira menengah berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) akan dijabat oleh Perwira berpangkat Kolonel.

Untuk memenuhi persyaratan pengembangan organisasi satuan tersebut, tim dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) yang dipimpin oleh Kolonel Kav Prantara. S.Sos, M.Si, MTr, bersama 4 anggota melakukan penelitian dan survey kajian dalam rangka peningkatan status Korem dari type B menjadi type A, dan Kodim yang dipimpin perwira berpangkat Letkol menjadi Kolonel bertempat di Makodim 0734/Yogyakarta, Selasa (06/2/2018).

Satuan yang akan dikembangkan di jajaran Kodam IV/Dip, salah satunya Korem 072/Pamungkas, sedangkan satuan setingkat Kodim yaitu Kodim 0734/Yogyakarta.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Ketua Tim Pusterad Kolonel Kav Prantara. S.Sos, M.Si, MTr, disampaikan, bahwa kegiatan penelitian dan survey kajian dalam rangka peningkatan status Korem dan Kodim ini pada hakekatnya diprioritaskan pada pencapaian tugas pokok TNI AD, dengan pertimbangan aspek ancaman, aspek beban tugas, aspek beban kerja dan aspek kesetaraan pangkat dan golongan.

“Kesetaraan pangkat dan golongan berkaitan dengan tugas Korem maupun Kodim yang memiliki keterkaitan koordinasi pejabat instansi lain di wilayah, kesetaraan ini yang menjadi salah satu keefektifan dalam komunikasi dan koordinasi yang lebih optimal dalam mengambil keputusan strategis,” terang Kolonel Kav Prantara. (Ardiansyah/Wahyu)

banner-we_728x90.jpg