PSIK UNIJ Perkuat Kerjasama Dengan Seluruh STIKES Se-Besuki Raya

84

JEMBER – wartaexpress.com – Setelah ditunjuk sebagai Koordinator Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) wilayah timur bagian timur oleh AIPNI regional 5 Jawa Timur, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember (UNIJ) mulai kerja nyata. Langkah pertama diawali dengan pertemuan silaturahmi yang diikuti oleh enam institusi pendidikan keperawatan di wilayah Besuki raya yang meliputi Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi dan Jember. Silaturahmi diadakan di Kampus PSIK Universitas Jember, Rabu (25/3).

Silaturahmi ini membicarakan beberapa program yang diharapkan dapat membawa kemajuan bagi semua institusi pendidikan keperawatan se Besuki raya. Salah satu program yang akan digelar dalam waktu dekat adalah Internasional Nursing Conference (INC) yang menghadirkan pembicara dari Thailand, Jepang, dan Filipina, bahkan Korea Utara, selain tentu saja pembicara dalam negeri.

“Rencananya INC akan digelar pada bulan November 2015 nanti. Saat ini kami tengah mengkonfirmasi kesediaan hadir para pembicara, antara lain dari Kanazawa University Jepang, Burama University Thailand dan pembicara lainnya,” jelas ketua panitia INC Ns.Emi Wuri, S.Kep.M.Kep.Sp.Kep.J.

Nantinya, kepanitiaan INC akan melibatkan semua institusi keperawatan di Besuki raya. “Keterlibatan semua institusi pendidikan keperawanan ini bertujuan memberikan pengalaman serta menjadi nilai lebih bagi Akper atau Stikes di Besuki raya, baik yang belum akreditasi maupun yang reakriditasi,” ujar Diyan Indriyani, S.Kep.Ns.M.Kep., Dekan Fak.Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Pelibatan semua anggota AIPNI diharapkan juga akan mempererat rasa kebersamaan.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua PSIK Universitas Jember  Ns.Lantin Setiyorini.S.Kep.M.Kes menjelaskan bahwasanya dalam era persaingan yang ketat, meningkatkan kerja sama menjadi syarat utama jika institusi pendidikan keperawatan ingin maju.

“Jangan ada dikotomi antara institusi pendidikan keperawatan negeri dan swasta,” kata Ns. Latin Setiyorini, S.Kep. M.Kes mengutip pernyataan  Rektor Universits Jember saat menandatangani MOU (Memory Of Understanding) antara Universitas Jember dengan institusi pendidikan tinggi se-Besuki raya.

Acara silaturahmi juga diisi dengan pembahasan mengenai kurikulum Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) yang dipandu oleh Sekretaris I PSIK Universitas Jember, Ns.Wantiyah, S.Kep.M.Kep. Peserta yang hadir antara lain Ro’isah, S.KM. M.Kes dan Ach.Qusairi, S.Kep.Ns. M.Kep dari Stikes Hafsyawaty, Gengong Probolinggo. Kholid Fauzi, S.Kep.Ns.M.Kep. (Stikes Nurul Jadid, Probolinggo), Esty Sunanti, S.Kep. Ns. M.Kep (Stikes Banyuwangi), Said, S.Kp, M.Kep (Stikes Dr. Soebandi, Jember), Diyan Indriyani, S.Kep.Ns.M.Kep (Fikes Universitas Muhammadiyah Jember) dan tuan rumah, PSIK Universitas Jember. (TJ/satar, iim/mj).

banner-we_728x90.jpg