PRM Akan Ajukan Permohonan Uji Materi UUMD3 2018 Ke Mahkamah Konstitusi

95

JAKARTA – wartaekspres.com – Bertempat di Komplek Duta Merlin, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, pada hari Minggu 11 Maret 2018 antara para pendiri dan perwakilan dari 35 organisasi yang sepakat membentuk Presidium Rakyat Menggugat (PRM).

Terbentuknya PRM ini didasari atas keresahan hati sebagian warga negara Indonesia terkait akan diberlakukannya UUMD3.

Oleh karena itu, 35 organisasi tersebut sepakat untuk memberikan kuasa kepada 10 pengacaranya untuk mengajukan gugatan uji materi atau Judicial Review UMD3 2018 ke Mahkamah Konstitusi. Sementara jumlah organisasi ini diperkirakan akan terus bertambah.

“Pada prinsipnya, ada 3 pasal yang akan kita mohon untuk diuji materi supaya ditolak, karena bertentangan dengan UUD terutama kebebasan berpendapat,” ujar Rinto Wardhana, SH, MH, memberikan sedikit pemaparan mewakili Tim Pengacara.

Terbentuknya PRM ini digawangi oleh diantaranya Tirta Yasa, Decky Matulessy, Morantaro Rinaldi Nababan. Selain itu juga Sisca Rumondor, Arief A Soedjono, Lenny Purba, Djati Erna Sahara dan lainnya yang mewakili nama organisasi masing-masing.

“Kita adalah para pelaku sejarah, apa yang akan kita lakukan ini adalah untuk anak cucu kita nanti,” ujar Tirta Yasa mengakhiri pertemuan. (Sunita)

banner-we_728x90.jpg