Pemkab Lampura Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

8

LAMPUNG UTARA – wartaekspres.com – Dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Kantor Pemda Lampura, Jumat (10/11/2017).

Dalam prosesi Upacara tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0412 Lampura, Letkol Inf R. D. Bachtiar K, S.IP bertindak sebagai Inspektur Upacara, diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), personel TNI, Polri dan para pelajar.

Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, penyampaian kata-kata Pahlawan dan mengheningkan cipta dengan membunyikan sirine sebagai tanda mengheningkan cipta selama 60 detik.

Menteri Sosial Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dandim 0412, menyampaikan, bahwa setiap tanggal 10 November, seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di Bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita, pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur, oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

“Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Dandim.

Harapan dalam pengorbanan, lanjut Dandim, yang telah dilakukan oleh para pahlawan ini adalah dapat membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa-bangsa dan harus terus dinyalakan agar Republik Indonesia tetap berdiri tegak , menjadi besar dan terus memberi sumbangan penting sebagai bagian dari persaudaraan umat manusia di dunia.

Masih dalam sambutan Menteri Sosial, Dandim menjelaskan, keberanian itu dapat digerakkan oleh sebuah modal tak ternilai dan tidak kasat mata, modal itu adalah adanya sebuah harapan, sebuah harapan yang menimbulkan optimisme dalam hidup, sebuah harapan yang membuka segenap potensi, kita punya vitalitas dan daya hidup kemanusiaan untuk membuka terang kehidupan di masa depan, sebuah harapan bahwa dengan mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia, maka kita dapat membangun sebuah kehidupan bernegara, sebuah rumah tangga politik kebangsaan dan kenegaraan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong – royong”.

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut Nawa Cita. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah, yakni ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik, pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Usai Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017, Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH, memberikan tali asih kepada para Veteran Lampura

Dilanjutkan dengan tabur bunga yang dilaksanakan di Makam Pahlawan Kotabumi, sebagai penghormatan, Bupati menaburkan bunga ke beberapa makam pahlawan yang diiringi lagu kebangsaan.

Di akhir acara, Bupati Lampura berpesan kepada para pemuda di Kabupaten Lampura, agar selalu menghargai apa yang sudah dilakukan oleh pahlawan untuk kita dengan cara tidak melakukan hal-hal yang negatif, serta mengajak kepada para pemuda untuk berkreasi dan berinovasi untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan Indonesia khususnya Kabupaten Lampung Utara.

“Jangan mudah mengeluh, jangan cepat mengatakan tidak bisa dan tidak mampu, kita semua mampu apabila kita bersama, maka dari itu, bersatu kita kuat bersama kita hebat,” ujar Bupati Agung. (F15)

banner-we_728x90.jpg