Oknum Disdukcapil Kena OTT Unit Tipikor Asahan

108
Situasi kantor Disdukcapil Asahan (4/12)

ASAHAN – wartaekspres.com – Kasi Pendataan Disdukcapil Pemkab Asahan kena operasi tangkap tangan (OTT) Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Asahan, Selasa (4/12). Oknum berinisial LS (52) itu ditangkap polisi di Kantor Disdukcapil, Jalan Sudirman, Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kisaran Barat, Asahan.

Penangkapan oknum yang tinggal di Lingkungan IV Sei Renggas, Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, tersebut diduga terkait biaya pengurusan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KTP dengan harga bervariasi.

Tim Unit Tipikor Polres Asahan juga mengamankan barang bukti uang tunai Rp 800.000, 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga, 1 lembar fotokopi F101, 1 lembar fotokopoi Surat Keterangan Kelahiran dan 2 buah buku nikah.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu, melalui Kasat Reskrim Ricky Pripurna Atmadja, membenarkan penangkapan tersebut. Saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

Ricky mengatakan, bahwa penangkapan LS berawal dari informasi yang diterima personel Sat Reskrim Polres Asahan pada Selasa (4/12/2018) sekira pukul 10.00 Wib. “Kita memperoleh informasi bahwa ada pengutipan uang untuk pengurusan Kartu Keluarga, KTP dan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Ricky.

Menindaklanjuti informasi tersebut, personel Sat Reskrim Polres Asahan menuju lokasi Kantor Satuan Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sesampainya di lokasi, ditemukan seorang perempuan berinisial LS, selaku Kasi Pemanfaatan Data, sedang melakukan pengutipan uang di ruang kerjanya untuk pengurusan Kartu Keluarga, KTP dan Akta Kelahiran.

“Pelaku dan barang bukti saat ini diamankan di Mapolres Asahan guna keperluan pemeriksaan lebih lanjut,” tutupnya. (Erik)

banner-we_728x90.jpg