Nias Pro 2018, Menteri Hukum dan HAM: Lokasi Pantai Sorake Tempat Terbaik

90

NIAS SELATAN – wartaekspres.com – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasona Hamonangan Laoly didampingi beberapa Tim Ahli Kementerian Pariwisata RI menyampaikan, bahwa lokasi pantai sorake adalah tempat terbaik dan patut dikembangkan.

Hal itu dia sampaikan ketika menggelar konferensi pers usai membuka event wisata, kompetisi selancar internasional, World Surf League Qualifieng Series Nias Pro 2018 di Pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara, Jumat (24/8/2018).

Terkait Pantai Sorake, Menteri Yasona menyampaikan, bahwa lokasi itu merupakan tempat terbaik untuk berselancar (surfing).

Pemerintah Daerah harus berupaya memberi pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya keramah-tamahan, keamanan dan menjaga lingkungan demi kemajuan pariwisata.

Dia mengajak seluruh pihak khususnya Kepala Daerah se-Kepulauan Nias (5 kab/kota) untuk mengembangkan objek wisata pantai yang diperuntukkan sebagai tempat surfing (selancar). “Mari bergandengan tangan mendukung kemajuan pariwisata kita,” ajaknya.

Di tempat berbeda, Pj. Gubernur Sumatera Utara, Eko Subowo, juga menyampaikan apresiasi atas kontes international yang dilaksanakan oleh World Surf League (WSL) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Menurutnya, lokasi wisata di Pantai Sorake adalah satu tempat terbaik surfing setelah Hawai dan Bali. Tidak hanya itu, Eko juga memuji lokasi budaya Bawomataluo yang saat ini masih dilestarikan serta tetap menampilkan kultur budaya asli Nias.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan atas pariwisata yang telah ditampilkan. Sumatera Utara patut berbangga hati untuk itu dan Pemprov siap mendukung untuk kemajuan pantai sorake dan bawomataluo,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, SH, MH, kepada wartawan mengatakan, bahwa tujuan Surfing Nias Pro (Surfing International) untuk memperkenalkan lebih dalam Pantai Sorake sebagai salah satu objek destinasi wisata terbaik, Jumat (24/8).

“Dalam kontes ini, peserta yang ikut kompetisi merupakan peselancar internasional dari 9 negara Eropa dan Peselancar Nasional. Kegiatan ini dijaga ketat oleh aparat keamanan dan akan berlangsung hingga tanggal 28 Agustus 2018,” terangnya. (Aperius Gulo)

banner-we_728x90.jpg