Kodim 0734/Yogyakarta Gelar Tes Urine Bagi Prajurit dan ASN

20

YOGYAKARTA – wartaekspres.com – Kodim 0734/Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Yogyakarta, dalam hal ini mengadakan tes urine dalam rangka P4GN (Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkoba) yang bertempat di Makodim 0734/Yogyakarta, Selasa (06/12).

Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf rudi Firmansyah, SE, MM,  mengatakan, bahwa dengan dilaksanakan kegiatan tes urine ini, mudah-mudahan ke depan kita dapat mengantisipasi, menghentikan dan menjauhi barang haram tersebut, serta bersyukur dengan terus meningkatkan iman dan taqwa serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Bahaya narkoba memang cukup menakutkan, bahkan sudah masuk ke beberapa sendi kehidupan manusia, untuk itu perlu usaha bersama untuk menangkap penyebaran obat enak gila tersebut,” tegas Dandim.

Langkah ini, menurut Pasi Intel Dim 0734/Yogyakarta Lettu Inf Dahkri Oskandar, adalah untuk mencegah sekaligus menangkal narkoba ke anggota. Langkah ini sebagai bentuk antisipasi. Tes urine merupakan kegiatan rutin yag dilakukan di Kodim 0734/Yogyakarta. Sejauh ini memang belum pernah ada anggota yang ditemukan terindikasi menggunakan narkoba. “Ini sebagai tindakan pengamanan atau jaga-jaga,” ucapnya.

Terkait pelaksanaan Pasi Intel sengaja  tanpa memberi tahu terlebih dulu pada anggota untuk melaksanakan tes urine, hal ini dikarenakan kalau ada pemberitahuan terlebih dulu maka bagi anggota yang merasa pengguna narkoba maka tidak akan hadir dalam pengambilan sample urine ini, dikatakan pula untuk pengambilan sample urine ini nantinya akan dilaksanakan setiap bulan dan kalau bisa setiap minggu, agar para anggota yang belum pernah merasakan narkoba jangan mencoba-coba untuk melakukannya.

Ke depannya Kodim akan menggandeng BNN Kota Yogyakarta secara kontinyu untuk memberikan pengarahan atau pemahaman tentang bahaya narkoba kepada personel TNI dan PNS di wilayah Kodim 0734/Yogyakarta agar terhindar dari jeratan bahaya narkoba. karena peredaran dan penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan.

Hal ini terbukti dengan maraknya penangkapan baik WNA (Warga Negara Asing) dan WNI (Warga negara Indonesia) yang dilakukan oleh pihak BNN dan Kepolisian membuat gerah kita semua, untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI AD, Kodim 0734/ Yogyakarta melaksanakan tes urine kepada seluruh personel TNI dan PNS Kodim 0734/Yogyakarta.

“Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan tiap triwulan dan dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kodim 0734/Yogyakarta serta untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang terindikasi positif menggunakan narkoba dan sejenisnya, sehingga apabila diketahui ada indikasi anggota yang mengkonsumsi narkoba akan dilakukan langkah-langkah/proses yang sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya. (Ardiansyah/ Wahyu)

banner-we_728x90.jpg