Kadis PUPR Nisut Disomasi, Bupati Diharap Bertindak Tegas

107

NIAS UTARA – wartaekspres.com – LSM Paksa Kepulauan Nias, Sumatera Utara, melayangkan surat somasi terhadap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Nias Utara, Yulius Zai, ST, M.Eng, Kamis (05/10) lalu.

Hal itu terungkap setelah Sekretaris LSM Paksa Kepulauan Nias, Hellpianus Gea, S.Pd, membeberkan temuannya di lokasi proyek pembangunan sarana air bersih (SAB) yang terletak di Desa Batolakha, Kecamatan Tuhemberua.

Menurut Hellpianus, anggaran proyek pembangunan SAB bernilai Rp. 674.885.000 tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Pemkab Nias Utara tahun 2016, yang mana dikerjakan oleh CV. Niko Berlian.

“Kami menilai, bahwa proyek ratusan juta itu tidak tepat sasaran, dan terkesan hanya menghamburkan keuangan negara. Ironisnya kami menduga jika proyek dimaksud dikerjakan asal jadi,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil investigasi dilapangan, proyek SAB tersebut juga dinilai gagal perencanaan. Dimana ada dugaan terjadinya persekongkolan antara rekanan dan Kadis PUPR Nias Utara.

“Untuk memenuhi kelayakan standar, seharusnya Dinas PUPR Nias Utara terlebih dulu melakukan penghitungan kebutuhan air, identifikasi sumber air baku, pemeriksaan kualitas air. Pemilihan alternatif system, serta penghitungan kebocoran ataupun kehilangan air. Sehingga, pada tahap perencanaan bisa dipastikan berapa volume debit air perdetik,” ujar Hellpianus.

Sementara itu, seorang warga Desa Botolakha yang namanya tidak mau ditulis mengungkapkan, bahwa semenjak beroperasi, bangunan SAB sama sekali belum pernah dinikmati. Karena, air hanya akan mengalir pada saat hujan turun.

“Air yang mengalir ke pipa, bukanlah air bersih, melainkan air parit. Itupun saat hujan turun saja. Kemudian saluran air bersih sama sekali tidak dapat berfungsi, mungkin karena pekerjaan proyek ini terlalu dipaksakan,” ungkapnya. (Van/Red)

banner-we_728x90.jpg