Hari Libur Dindukcapil Kota Yogyakarta Tetap Buka Layanan

23

YOGYAKARTA – wartaekspres.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta selama liburan atau cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H/ 2018 tetap memberikan pelayanan kepada warga masyarakat Kota Yogyakarta untuk mengurus Akta dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Layanan tersebut dibuka pada hari Selasa, Rabu dan Kamis atau tanggal (12,13 dan 14 Juni 2018) pada pukul 08.00-12.00 WIB.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, H. Sisruwadi, saat ditemui di Kantor Dindukcapil, Selasa (12/06/2018) pagi  mengatakan, bahwa kantornya member kesempatan kepada warga masyarakat, khususnya mereka yang sebelum liburan tinggal di luar Kota Yogyakarta dan hanya memiliki kesempatan di hari libur ini untuk mengurus dokumen kependukan mereka.

“Kami memberikan peluang kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan kegiatan pelayanan ini yang dilaksanakan dari hari Selasa (12/06) hingga Kamis (14/06),” ujar Sisruwadi.

Sisruwadi berharap, masyarakat yang memerlukan dokumen kependudukan bisa terlayani pada tiga hari sebelum hari Lebaran ini.

“Kami juga menginginkan bagi warga masyarakat yang sampai sekarang melaksanakan perekaman atau mungkin mau cetak KTP yang kemarin belum sempat, ini bisa memanfaatkan. Harapan kami masyarakat dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik,” tambahnya.

Sisruwadi menjelaskan, pelayanan yang diberikan meliputi rekam cetak KTP elektronik, cetak KK, pindah datang, cetak KIA, permohonan akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian dan akta perkawinan. “Itu semua kita buka pelayanan, karena personil kita lengkap seperti hari biasa,” ujar Sisruwadi.

Dikatakannya, bahwa animo warga masyarakat untuk memanfaatkan layanan di hari libur ini cukup tinggi. Bahkan menurut Sisruwadi, jumlahnya mencapai dua kali lipat dari hari biasanya. “Dari pengalaman dahulu, pengelaman beberapa daerah khususnya di DIY pelayanan di hari libur ternyata cukup banyak. Ya, bisa dua kali lipatnya dari hari kerja biasa,” terang Sisruwadi.

Banyaknya warga yang datang mengurus dokumen di hari libur ini lantaran informasi tentang pelayanan ini telah disebarluaskan hingga di tingkat RT. “Untuk informasi ini sudah disampaikan sampai tingkat RT, dan dari RT sudah disampaikan ke masyarakat. Masyarakat sangat senang memanfaatkan waktu yang kami berikan kepada mereka,” tambahnya.

Sementara untuk tenaga atau karyawan yang melayani, Sisruwadi mengatakan, kompisisinya dari semua layanan yang ada semuanya lengkap dan terwakili. Karena momentum ini merupakan hari libur. Sisruwadi memberikan kebebasan kepada para karyawan yang memiliki waktu luang untuk datang melayani. Ternyata di luar dugaan, hampir semua jenis pelayanan ada petugas yang siap melayani.

“Para karyawan kami menyambut dengan senang hati, karena prinsip pelayanan di Dindukcapil adalah pelayanan yang membahagiakan masyarakat. Kami memberikan kebebasan kepada karyawan. Yang punya waktu boleh datang untuk melayani. Kita tidak paksakan mereka harus datang, karena ini cuti ya. Kemarin kita sampaikan kepada teman-teman mereka yang bisa datang, ada waktu silakan datang. Sehingga komposisi antara Capil dan Daduk sama Piak harus ada semua. Perwakilannya harus ada semua,” terang Sis sapaan Sisruwadi.

Sebelumnya, Sisruwadi telah mengumpulkan semua pegawai untuk menayakan kesiapan serta pengecekan jaringan, kelengkapan peralatan,dan kelengkapan lain seperti blangko KTP, Film, dan blangko yang lain yang terkait. Setelah semuanya beres barulah Sisruwadi mengeluarkan pengumumam kepada masyarakat.

“Kita cek, oke semua clear terus saya buatkan pengumumam. Saya tidak enak kalau sudah buka pengumuman ternyata mereka tidak siap, inikan tidak enak. Ternyata semua siap,” imbuhnya.

Untuk layanan rekam cetak KTP elektronik Sisruwadi menarik semua operator yang ada di kecamatan untuk memberikan pelayanan di Dinas. Karena, selama liburan, kegiatan Adminduk dipusatkan di Dinas dan kecamatan tidak membuka layananan.

Dirinya menghimbau warga masyakarat untuk dapat memanfaatkan waktu tiga hari ini dengan sebaik-baiknya. Dia juga mengingatkan selama liburan ini kantor pelayanannya hanya dibuka di Balaikota (Dindukcapil). (Ardiansyah/@mix)

banner-we_728x90.jpg