Forum TJS SKK Migas-KKKS Wadah Berbagi dan Informasi Program Kemasyarakatan

14

BALIKPAPAN – wartaekspres.com – SKK Migas-KKKS Wilayah Kalimantan dan Sulawesi menggelar Forum Tanggung Jawab Sosial 2018 di Hotel Jatra, Balikpapan, Selasa (4-5/12). Kegiatan ini diikuti Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, akademisi dan penerima program TJS dari KKKS.

Melalui kegiatan ini, diungkapkan Senior Manajer Kehumasan SKK Migas Kalsul, Sebastian Julius, bahwa SKK Migas selaku lembaga Pengawas dan Pengendali KKKS berkewajiban untuk mendorong dan memastikan pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) KKKS berjalan secara efektif dan efesien dengan tatakelola yang baik (good governance).

Namun di sisi lain, pemangku kepentingan di daerah perlu lebih memahami aturan dan mekanisme pelaksanaan TJS Hulu Migas berkaitan dengan system kontrak bagi hasil antara Pemerintah dengan KKKS.

“Untuk itu, SKK Migas merasa perlu melakukan upaya peningkatan kompetensi pelaksana TJS SKK Migas-KKKS dan para pemangku kepentingan lainnya dalam mensinergikan Program TJS sesuai kebutuhan dan perkembangan isu sosial di daerah operasi Hulu Migas,” papar Sebastian.

Ditambahkannya, secara umum, tujuan diselenggarakannya Forum TJS 2018 ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pelaksana TJS SKK Migas-KKKS dan para pemangku kepentingan lainnya dalam mensinergikan Program TJS sesuai kebutuhan dan perkembangan isu sosial di daerah operasi Hulu Migas.

Secara khusus, dengan adanya Forum TJS 2018 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para praktisi TJS Industri Hulu Migas dalam melaksanakan pembahasan bersama stakeholder terkait dengan : a. Menyamakan persepsi antara SKK Migas-KKKS dan pemangku kepentingan utama yang ada di wilayah sekitar operasi Migas berkaitan dengan regulasi dan peran pemerintah dalam mendukung industri Hulu Migas, serta manfaat berkelanjutan bagi masyarakat, sehingga tercapai keselarasan pemahaman mengenai kegiatan TJS.

b. Perkembangan pola pelaksanaan TJS melalui tinjauan akademik dan praktek-praktek terkini pelaksanaan Program TJS secara global. Diharapkan para narasumber dapat memberikan perkembangan terbaru tinjauan akademis tentang pelaksanaan TJS dan best practice apa yang telah dilakukan yang telah terbukti membawa perubahan positif di masyarakat yang lebih efektif dan efisien.

c. Berbagi pengalaman mengenai pola pelaksanaan TJS di luar lingkungan usaha hulu industri Migas dan KKKS di luar Kalsul, dalam upaya bench marking kualitas pelaksanaan TJS industri Hulu Migas di Kalsul dan mendapatkan lesson learned dari teori dan best practice yang ada.

d. Berbagi pengalaman dalam kaitan upaya-upaya yang diperlukan dalam pencapaian Proper Emas bersama KKKS yang telah berhasil mencapai proper emas.

“Kami juga sampaikan, acara Forum TJS 2018 direncanakan akan dilangsungkan pada tanggal 4-5 Desember 2018 ini diikuti dan dihadiri oleh SKK Migas, KKKS, Praktisi TJS, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, akademisi serta penerima Program TJS dari KKKS,” ujarnya.

Output yang diharapkan diantaranya, sharing Knowledge, dukungan pemerintah terhadap pelaksanaan Program TJS, sharing terkait konsep CSR dari praktisi/akademisi dan SDG’S (Sustainable Development Goals).

“Melalui acara Forum TJS 2018 ini, kami harapkan bias menjadi wadah saling berbagi informasi dan pemahaman terkait Program-program TJS yang bermanfaat dan dapat diapalikasikan di masyarakat. Sehingga antara pemerintah daerah, masyarakat dan pelaku kegiatan Hulu Migas dapat bersinergi dalam mensukseskan program-program pembangunan pemerintah dan Program TJS yang KKKS lakukan,” tutup Sebastian. (Rls/Ton)

banner-we_728x90.jpg