Dinas Perkebunan Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Kebun Pala Masyarakat

9

FAKFAK – wartaekspres.com – Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak, H. Abdul Rahim Fatamasyah mengatakan, bahwa pada tahun 2018 ini telah melakukan monitoring dan evaluasi, sehingga staf dan pendamping lapangan, koordinator semua turun lapangan, Kamis (13/9/2018).

“Tetap kami fokus di lapangan agar memantau langsung perkembangan kebun pala termasuk kebun kopi, monitoring tetap berjalan selama beberapa bulan, sesuai fakta ada perkembangan di luar target, oleh karena itu kami pun selalu mengawasi dan membimbing masyarakat setempat,” ujarnya.

Fatamasyah mengatakan, dari hasil evaluasi monitoring tersebut, maka dalam jangka dekat kami akan lakukan proses pembayaran sesuai realisasi kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat, karena dengan dasar monitoring itulah kami pun bayar sesuai fakta di lapangan.

Dan untuk estinfikasi adalah membuka lahan sendiri, setelah semua tersedia maka Dinas akan turunkan bibit kemudian melakukan penanaman setelah 100% berjalan, maka kita akan bayar,  sementara rehabilitasi fokusnya penjarangan di pohon pala.

“Dalam pembayaran tersebut bukanlah soal apa yang mereka lakukan terus kita membayar, tetapi kita membayar berupa insentif yakni biaya kerja masyarakat setempat,” kata Fatamasya. (Fan)

banner-we_728x90.jpg