DAP Wilayah III Doberay Laksanakan Konsolidasi Dengan Masyarakat Adat

33

SORONG – wartaekspres.com – Setelah dilantik sebagai Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay, Mananwir Paul Fincent Mayor, SIP, langsung mengambil langkah dengan melakukan konsolidasi untuk mendata segala macam persoalan yang terjadi pada Dewan Adat Suku di dalam Wilayah III Doberay.

Mananwir Paul Fincent Mayor saat ditemui media ini di kediamannya, Senin malam (11/6) mengatakan, bahwa konsolidasi sudah mulai dilaksanakan pada beberapa Dewan Adat Suku untuk menginventarisir berbagai masalah dan persoalan yang terjadi pada masyarakat suku yang akan dijadikan bahan dalam pelaksanaan rapat untuk mengambil langkah startegis dalam menyelesaikan permasalah tersebut agar tidak merugikan masyarakat kedepan.

“DAP Wilayah III Doberay bertugas menyelamatkan Orang Asli Papua dan tanahnya yang selama ini seperti tidak dihargai oleh pemerintah maupun para investor yang masuk untuk berusaha di atas tanah adat milik masyarakat adat,” terang Mananwir.

Dikatakan Mananwir, sebagai langkah awal dan sudah kami lakukan adalah melakukan konsolidasi dengan masyarakat adat dari Inanwatan, Metemani, Kais dan Kokoda (Imkko) yang berdomisili di Jalan Jend Sudirman, yang menurut informasi mereka akan digusur pindah dari tempat mereka yang sudah didiami selama puluhan tahun.

Lanjut Mananwir, pembangunan yang dilakukan di Tanah Papua adalah pebangunan yang menguntungkan masyarakat adat bukan pembangunan yang merugikan masyarakat adat.

“Pemerintah, pengusaha/investor ataupun siapa saja yang akan menggunakan tanah milik masyarakat adat harus menghargai hak-hak dasar orang Papua dan dampak dari pembangunan harus menguntungkan dan mensejahterakan masyarakat adat bukan sebaliknya merugikan bahkan ingin membunuh masyarakat adat diatas tanah adanya sendiri,” tegas Mananwir. (Son)

banner-we_728x90.jpg