Dandim Brebes Pimpin Upacara Pemakaman Kapten Armed Timuardi

969

BREBES – wartaekspres.com – Penghargaan hakiki bagi seorang prajurit TNI adalah mendapatkan upacara pemakaman secara militer. Bertempat di TPU Desa Penanggapan, Kecamatan Banjarharjo yang dihadiri sekitar 150 orang para takziah, telah dilaksanakan upacara pemakaman secara militer jenazah Almarhum Kapten Armed Timuardi (55) NRP 547786 Pasimin Denma Pussenarmed Kodiklat TNI-AD Pusat Kesenjataan Artileri Medan.

Acara diawali dengan prosesi upacara persemayaman dan pemberangkatan jenazah dari rumah duka di Rt. 02 Rw. 02 Desa Penanggapan Kecamatan Banjarharjo menuju TPU Desa Penanggapan. Selanjutnya dibacakan riwayat hidup singkat almarhum, yang lahir di Brebes pada 1 Maret 1963 silam, almarhum mengawali dan mendarma bhaktikan diri menjadi TNI AD mulai 1 Februari 1984.

Tanda jasa yang dimiliki antara lain, Satya Lencana (SL) Seroja, SL Kesetiaan 8 Tahun, 16 Tahun dan SL Kesetiaan 24 Tahun. Dengan Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun inilah, almarhum layak mendapatkan penghormatan dari negara berupa upacara pemakaman secara militer. Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada hari Kamis 4 Januari 2018 pada pukul 01.00 WIB di RS 03.05 Yudistira dikarenakan sakit, dan meninggalkan seorang istri serta 3 orang anak.

Prosesi acara selanjutnya adalah pembacaan Apel Persada oleh Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, penurunan jenazah ke liang lahat, penghormatan militer kepada jenazah diiringi tembakan salvo ke udara oleh 7 orang personel Kodim 0713/Brebes sebanyak 3 kali, kemudian penimbunan liang lahat dan terakhir adalah peletakan karangan bunga secara simbolis oleh Irup.

Hadir dalam pemakaman militer ini antara lain, Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono Dandim 0713/Brebes, Para Perwira dari Pussenarmed Kodiklat TNI-AD yang turut mengantar jenazah, Keluarga Besar Kodim 0713/Brebes, keluarga Almarhum dan warga masyarakat sekitar serta para takziah/pelayat lainnya.

Dalam amanatnya, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono mengungkapkan rasa duka yang mendalam yang mewakili keluarga besar Kodim 0713/Brebes sebagai sesama rekan prajurit. Hari ini TNI dan bangsa kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya serta prajurit terbaik yang patut kita teladani kebaikannya, yang sepanjang hayatnya mendharma bhaktikan dirinya TNI-AD dikarenakan sakit.

Dalam kesempatan itu juga, Dandim yang mewakili keluarga almarhum menyampaikan permohonan maaf, selaku pimpinan acara pemakaman sekaligus mewakili keluarga Almarhum, mengajak seluruh hadirin untuk berlapang dada memaafkan segala kesalahan almarhum baik yang disengaja ataupun tidak di dalam dinas maupun di lingkungan masyarakat.

“Marilah dalam kesempatan ini kita semua mengenang dan menghormati segala kebaikan serta jasa-jasa almarhum semasa hidup. Marilah kita mendoakan almarhum agar mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya,” pungkasnya.

Upacara pemakaman diakhiri dengan pembacaan doa dan penghormatan terakhir kepada arwah almarhum. (Pendim Brebes/Aan)

banner-we_728x90.jpg