Bupati Lampura Hadiri Acara Dialog Antar Umat Beragama

30

LAMPUNG UTARA – wartaekspres.com – Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH, menghadiri acara Dialog Antar Umat Beragama se-Lampura dengan tema “Merajut Kebersamaan Kehidupan Umat Beragama di Kabupaten Lampung Utara”, yang dilaksanakan di Aula RM Taruko 1, Kotabumi, Kabupaten Lampura, Rabu (10/10/2018).

Turut hadir Kapolres Lampura, AKBP. Eka Mulyana, S.IK, Ketua FKUB Lampura, H. Sihul Ali, Kepala Kejaksaan Negeri Kotabumi Sunarman, SH, MH, para pemuka umat beragama, ormas dan pengurus peserta FKUB.

Ketua FKUB menyampaikan untuk seluruh umat beragama, agar dapat rukun antara umat beragama lainnya, juga membantu dan mendukung program Bupati Lampura.

Sementara, dalam sambutannya Bupati Lampura memberikan apresiasi dengan terlaksananya dialog ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan silaturahmi yang harus dilaksanakan secara kontinyu dalam rangka membina hubungan yang baik antar beragama.

Dikatakan Bupati, bahwa Negara Indonesia ini berdiri bukan hanya karena satu golongan, melainkan karena kerjasama dari seluruh golongan baik agama maupun suku. “Sebagai negara yang memiliki beragam agama dan suku, seharusnya kita menjadikan perbedaan ini sebagai penguat bukan dijadikan sebagai alat pemecah belah tali persaudaraan kita, baik di wilayah Lampura maupun di luar Provinsi Lampung,” ujaranya.

Untuk itu, Bupati menginginkan keberagaman yang ada untuk menularkan kebersamaan di manapun, karena kebersamaan merupakan kunci dari keberhasilan suatu daerah.

“Kita komitmen, bahwa toleransi adalah harga mati, kita ciptakan Kabupaten Lampung Utara menjadi daerah yang tetap aman dan semuanya akan berjalan dengan damai dan tenang, seperti petani bisa bekerja, pedagang bisa berjualan yang pegawai bisa melaksanakan tugasnya dan seterusnya, sekali lagi terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Lampung Utara yang sudah menjaga tolerensi dengan baik, mari kita bangun Sekadau ini menjadi daerah yang maju, mandiri dan berdaya saing,” kata Bupati Agung.

Selain itu, Bupati juga mengajak kepada masyarakat umat beragama yang hadir untuk menumbuhkan rasa kesadaran ditengah perbedaan yang ada di Lampura dan ini harus dirajut dan dijaga selalu.

Menurutnya, kerukunan umat bera­gama bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab bersama masyarakat. Untuk itu, diha­rapkan masyarakat dapat meredam segala benih-benih yang dapat membuat antar umat beragama berseteru.

“Saya ingin peran serta tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan serta mewujudkan peningkatan dan kesadaran umat beragama dalam mempererat persaudaraan sesama penganut umat beragama dan melalui kegiatan dialog intern umat bergama ini, diharapkan kesadaran akan kerukunan hidup umat beragama yang dinamis, humanis dan demokratis dapat ditransformasikan kepada masyarakat hingga tataran akar rumput,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati mengajak kepada yang hadir agar selalu menjaga kekompakkan dan persaudaraan agar rasa aman tetap terjaga. “Jaga persatuan dan kesatuan demi kemajuan Kabupaten Lampung Utara,” ujarnya. (F15)

banner-we_728x90.jpg